Senin, 11 Mei 2015

Tugas ke 6 Pengaruh Harga Terhadap Penjualan


Pada era globalisasi sekarang, segala sesuatu berjalan dan berkembang dengan pesat.
Cepatnya laju pertumbuhan ekonomi dewasa ini diikuti dengan banyaknya perusahaan.  Hal ini akan mendorong adanya persaingan,terutama bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang sejenis. Akibat adanya persaingan tersebut,baik langsung maupun tidak langsung perusahaan terpengaruh dalam hal memasarkan produk-produk atau barang-barang yang di hasilkan, sehingga tingkat persaingan menunjukan tendensi yang meningkat, karena itu setiap perusahaan dengan berbagai cara berusaha untuk di terima oleh konsumen. Dengan demikian hal ini mengharuskan para pengusaha untuk selalu mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi dan semaksimal mungkin mencari tehnik-tehnik baru dan cara untuk meningkatkan volume penjualan, karena semakin padatnya persaingan antara sesama perusahaan yang menghasilkan produk-produk sejenis. Maka perusahaan dalam memproduksi suatu produk haruslah dapat berusaha untuk menarik dan member kepuasan kepada konsumen dengan berbagai cara, sehingga perusahaan dapat mencapai laba yang maksimal serta volume penjualan yang tinggi, yang merupakan tujuan perusahaan.

Pengusaha yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting
untuk mencapai sukses bagi perusahaannya akan mengetahui cara dan falsafah yang terlibat di dalamnya yaitu konsep pemasaran. Konsep pemasaran bertujuan untuk memberikan kepuasan terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen dengan mendapatkan sejumlah laba, maka seluruh kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan. Untuk memenuhi tujuan tersebut, kegiatan ini meliputi personalia, keuangan, pemasaran, produksi dan kegiatan lain.
Definisi lain mengatakan konsep pemasaran adalah orientasi manajemen
yang menekankan bahwa kunci pencapaian tujuan organisasi terdiri dari kemampuan
perusahaan tersebut memenuhinya dengan kepuasan yang diinginkan secara efektif dan efisien dari pesaing.

Sudah di kemukakan di muka bahwa penetapan harga yang sudah bersaing di pasar,
promosi penjualan yang baik merupakan usaha perusahaan untuk dapat mengembangkan perusahaanya agar dapat meningkatkan volume penjualan dan laba yang di terima dengan jalan memperbaiki apa yang telah di lakukan perusahaan sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Bila harga dan produk yang di tawarkan sudah bersaing di pasaran maka konsumen akan melihat pada barang atau produk yang di berikan apakah telah sesuai dengan harga yang di tawarkan. Dalam promosi barang yang di tawarkan harus memiliki kualitas yang baik agar konsumen mempunyai pilihan dalam membeli sehingga tidak perlu mencari ke perusahaan lain. Kesimpulan yang dapat di peroleh di uraian di atas yaitu bahwa dengan harga dan produk yang bersaing di pasaran dan promosi dengan peningkatan volume penjualan adalah merupakan suatu kegiatan dan sekaligus mendukung antara yang satu dengan yang lain.

Daftar pustaka :

0 komentar:

Posting Komentar