Pada era globalisasi
sekarang, segala sesuatu berjalan dan berkembang dengan pesat.
Cepatnya laju
pertumbuhan ekonomi dewasa ini diikuti dengan banyaknya perusahaan. Hal ini akan mendorong adanya
persaingan,terutama bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang sejenis. Akibat
adanya persaingan tersebut,baik langsung maupun tidak langsung perusahaan
terpengaruh dalam hal memasarkan produk-produk atau barang-barang yang di
hasilkan, sehingga tingkat persaingan menunjukan tendensi yang meningkat,
karena itu setiap perusahaan dengan berbagai cara berusaha untuk di terima oleh
konsumen. Dengan demikian hal ini mengharuskan para pengusaha untuk selalu
mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi dan semaksimal mungkin mencari
tehnik-tehnik baru dan cara untuk meningkatkan volume penjualan, karena semakin
padatnya persaingan antara sesama perusahaan yang menghasilkan produk-produk
sejenis. Maka perusahaan dalam memproduksi suatu produk haruslah dapat berusaha
untuk menarik dan member kepuasan kepada konsumen dengan berbagai cara,
sehingga perusahaan dapat mencapai laba yang maksimal serta volume penjualan
yang tinggi, yang merupakan tujuan perusahaan.
Pengusaha yang sudah
mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting
untuk mencapai sukses
bagi perusahaannya akan mengetahui cara dan falsafah yang terlibat di dalamnya
yaitu konsep pemasaran. Konsep pemasaran bertujuan untuk memberikan kepuasan
terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen dengan mendapatkan sejumlah laba,
maka seluruh kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan.
Untuk memenuhi tujuan tersebut, kegiatan ini meliputi personalia, keuangan, pemasaran,
produksi dan kegiatan lain.
Definisi lain
mengatakan konsep pemasaran adalah orientasi manajemen
yang menekankan bahwa
kunci pencapaian tujuan organisasi terdiri dari kemampuan
perusahaan tersebut
memenuhinya dengan kepuasan yang diinginkan secara efektif dan efisien dari
pesaing.
Sudah di kemukakan di
muka bahwa penetapan harga yang sudah bersaing di pasar,
promosi penjualan
yang baik merupakan usaha perusahaan untuk dapat mengembangkan perusahaanya
agar dapat meningkatkan volume penjualan dan laba yang di terima dengan jalan
memperbaiki apa yang telah di lakukan perusahaan sehingga dapat memenuhi kebutuhan
dan keinginan konsumen. Bila harga dan produk yang di tawarkan sudah bersaing
di pasaran maka konsumen akan melihat pada barang atau produk yang di berikan apakah
telah sesuai dengan harga yang di tawarkan. Dalam promosi barang yang di tawarkan
harus memiliki kualitas yang baik agar konsumen mempunyai pilihan dalam membeli
sehingga tidak perlu mencari ke perusahaan lain. Kesimpulan yang dapat di
peroleh di uraian di atas yaitu bahwa dengan harga dan produk yang bersaing di
pasaran dan promosi dengan peningkatan volume penjualan adalah merupakan suatu
kegiatan dan sekaligus mendukung antara yang satu dengan yang lain.
Daftar pustaka :
0 komentar:
Posting Komentar